7 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Gunung Bromo, Dijamin Seru Banget!

Bromo yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang punya pesona yang bisa menggaet siapa pun datang ke sini. Tak hanya sekadar menikmati keindahan sunrise dari puncak gunung, namun Bromo yang memiliki area seluas 800 kilometer persegi ini juga punya banyak spot menarik untuk dijelajahi. Nah, buat wisatawan yang berencana ke Bromo, berikut daftar aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di dalam kawasan Bromo. 

1. Mengejar sunrise Gunung Bromo

Wisata Bromo memang selalu jadi incaran para pelancong yang berlibur ke Malang. Ibarat taman bermain, kawasan Bromo Tengger Semeru memang punya banyak wahana, termasuk puncak penanjakan Gunung Bromo. Puncak penanjakan yang berada di sisi barat Gunung Bromo ini berada di ketinggian 2.000 mdpl. 

Pada ketinggian inilah, kamu bisa menikamati sunrise atau matahari terbit dengan latar Gunung Bromo dan Semeru yang smaar-samar berada di belakangnya. Gumpalan awan yang menyelimuti Gunung Bromo, ditambah dengan warna langit gradasi oranye kemerahan menghasilkan pemandangan Gunung Bromo yang istimewa. Siapa pun yang melihatnya pasti akan merasa kagum dan takjub dengan keindahan semesta. 

Menjadi salah satu spot paling diincar wisatawan, puncak penanjakan Gunung Bromo biasanya sudah ramai dipadati wisatawan sejak pukul 4 pagi. Banyak orang yang sudah menempati posisi strategis sambil mengeker kameranya demi mendapatkan hasil foto yang maksimal. 

Ohiya, puncak penanjakan Gunung Bromo sendiri terdiri dari dua titik, yakni penanjakan 1 dan penanjakan 2. Puncak penanjakan 1 ditempuh melewati lautas pasir Gunung Bromo sedangkan puncak penanjakan 2 bisa ditempuh dari Probolinggo. Nah, dua puncak inilah yang menjadi spot favorit untuk mendapatkan golden sunrise di Bromo

Kalau kamu memang mau mengejar sunrise Bromo, pastikan kalau kamu mengenakan jaket yang tebal. Suhu udara Bromo yang dingin, apalagi di pagi hari, mengharuskan kamu untuk menjaga stamina. 

2. Serunya wisata jeep yang ekstrem

Untuk menjelajah kawasan Bromo, hanya ada dua pilihan transportasi yang bisa kamu pilih, yakni motor pribadi atau jeep. Biasanya, banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa jeep. Selain merasakan pengalaman seru, menaiki jeep juga akan mempermudah akses selama di Bromo. Jalanan Bromo yang menanjak dan berpasir memang tak mudah untuk dilalui. Kalau pun dengan menggunakan motor, pastikan kalau motor kamu dalam kondisi yang baik supaya tak mati di tengah jalan. 

Harga sewa jeep di Bromo kira-kira berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribuan. Sementara, satu jeep mampu memuat sekitar 4 – 6 orang. Oleh karena itu, ajaklah teman untuk mengisi satu jeep, supaya bisa menghemat pengeluaran. Pengalaman naik jeep akan semakin seru saat jeep mulai melewati jalanan berpasir. Guncangan serta tancapan gas dari sang supir jeep akan membuat adrenalin naik selama Perjalanan. 

3. Mengunjungi Pura Luhur Poten yang sakral

Setelah puas melihat sunrise Bromo, kamu akan dibawa Menuju Pura Luhur Poten yang dianggap sakral oleh warga setempat. Pura Luhur Poten ini telah di tengah-tengah lautan pasir, tepat sebelum tangga penanjakan ke kawah Bromo. Menurut cerita warga setempat, Pura Luhur Poten merupakan kediaman Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipuja umat Hindu. 

Dibangun pada era modern yaitu tahun 2000, Pura Luhur Poten yang juga termasuk wisata Gunung Bromo digunakan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Brahma bagi umat Hindu. Terbagi ke dalam tiga zona, kamu bisa menemukan zona sembahyang, zona persiapan upacara, dan zona peralihan dari luar ke dalam pura. Namun, karena sangat sakral, pura ini hanya bisa dijadikan latar foto oleh wisatawasan. 

4. Berkuda di tengah lautan pasir

Masih dalam kawasan Bromo, kamu juga bisa berkuda mengelilingi Gunung Bromo. Berkuda di sini tentu berbeda dengan pengalaman berkuda di tempat lain, karena kamu akan diajak mengitari kawasan Bromo yang diselimuti pasir. Tarif berkuda di Bromo juga relatif terjangkau, sekitar Rp 30 sampai Rp 100 ribu, tergantung keahlian kamu dalam menawar. 

Kalau kamu belum mahir menunggang kuda, maka sang pawang kuda akan menemani kamu. Tapi, kalau kamu sudah terbiasa menunggangi kuda, maka kamu bisa berkuda tanpa ditemani dengan pawang. Ada banyak pilihan kuda yang tersedia di sekitar Gunung Bromo. Kamu pun bisa memilih dengan bebas kuda mana yang mau kamu tunggangi. 

5. Menikmati keindahan Pasir Berbisik Bromo

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Bromo adalah menikmati keindahan pasir berbisik Bromo. Meski hanya berupa lautan pasir yang luas, tapi di pasir berbisik Bromo kamu bisa puas berswafoto. Kebanyakan orang mengabadikan foto mereka di Bromo dengan mengambil latar pasir berbisik Bromo. Oleh sebab itu, kamu juga tak boleh melewati kesempatan satu ini. Meski tidak mengambil paket tour Bromo, namun spot ini selalu dilewati oleh para pengendara jeep. Tanpa memintanya, sang supir akan membawamu mengelilingi pasir berbisik Bromo. 

6. Naik sampai ke Kawah Bromo

Selain sunrise Bromo, kawah Bromo juga jadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Bromo. Kaldera Gunung Bromo yang tak henti mengepulkan asap memang tampak menarik dan patut diabadikan. Nah, kalau kamu mau melihat betapa indahnya kawah Bromo, maka kamu harus menaiki ratusan anak tangga terlebih dahulu. Biasanya. setiap orang yang menaiki tangga ini, mereka akan menghitung total semua anak tangga yang mereka lalui. Uniknya, masing-masing punya hitungan yang berbeda, lho. 

Sesampainya di atas, kepulan asap kawah Bromo menjadi pemandangan alam paling eksotis yang bisa kamu nikmati. Kalau mau selfie di sini, pastikan kalau kamu tidak terlalu dekat dengan kawah Bromo. Beri jarak beberapa meter supaya kamu tidak jatuh dan terseret. Ada batas pembatas kawah yang tak boleh kamu lalui. Sebaiknya, berwisatalah dengan aman dengan memerhatikan rambu-rambu batasan yang ada. 

7. Berswafoto di Bukit Teletubbies

Mengakhiri wisata Bromo, ada salah satu area di bagian selatan pegunungan Tengger yang didominasi oleh perbukitan. Disebt sebagai Bukit Teletubbies, bukit hijau di kawasan Bromo ini memang memiliki topografi lembah hijau yang menyejukkan mata. Selain rerumputan, kamu juga bisa menjumpai hamparan bunga-bunga di sekitar area Bukit Teletubbies. 

Tempat ini cocok banget buat ajang berswafoto. Untuk mendapatkan latar pemandangan bukit yang hijau, datang ke sini pada Januari hingga April, karena saat inilah Padang rumput akan menghijau dan menghasilkan pemdangan Bukit Teletubbies yang sempurna. 

Seru, kan, liburan di Bromo? Kalau tak ingin repot, tersedia paket tour Bromo nayfa trans lagi, segera ajak keluarga atau teman untuk wisata Gunung Bromo. Dijamin kamu akan terpukau dengan keindahan Gunung Bromo! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *